Search

CJ dan Disney Berebut Pasar Film Korea Akhir Tahun

CJ dan Disney Berebut Pasar Film Korea Akhir Tahun

Jakarta, CNN Indonesia -- Dua perusahaan distribusi film terbesar di Korea Selatan, CJ ENM dan Walt Disney Korea, berebut pasar film pada akhir 2019. Keduanya menyiapkan bakal calon box office untuk tayang jelang akhir tahun.

Melansir Yonhap, Walt Disney akan menayangkan Frozen 2 pada Kamis (28/11). Film tersebut diperkirakan masuk top box office Korea mengikuti pendahulunya, Frozen, empat tahun lalu.

Frozen merupakan film animasi pertama yang angka penjualan tiketnya mencapai lebih dari 10 juta di Korea Selatan.


Film dengan pengisi suara Kristen Bell dan Idina Menzel tersebut berada di posisi kedua film terpopuler di Korea pada 2014, tepat di bawah Roaring Currents yang menjual lebih dari 17,6 juta tiket.

Berdasarkan data Dewan Perfilman Korea (KOFIC), Frozen menjual lebih dari 10,2 juta tiket, mengalahkan Interstellar, Transformers: Age of Extinction, X-Men: Days Future Past, dan The Amazing Spider-Man 2 yang juga tayang di tahun 2014.

Sementara itu, CJ ENM juga tak main-main dalam menyiapkan film akhir tahun. Pada Desember mendatang, mereka akan merilis Baekdusan (Ashfall) yang dibintangi sejumlah nama besar perfilman lokal.

Mulai dari Lee Byung-hun, Ha Jung-woo, Ma Dong-seok, hingga Bae Suzy akan membintangi film genre bencana alam yang menjadi senjata CJ ENM untuk memeriahkan libur musim dingin tersebut.

[Gambas:Youtube]
Persaingan ketat antara CJ ENM dan Walt Disney mulai panas sejak awal 2019. CJ ENM telah mendistribusikan 13 film, mengumpulkan lebih dari 45,4 juta tiket, dan mengambil keuntungan 24,5 persen dari total tiket terjual.

Sementara itu, Walt Disney Korea juga mendistribusikan 13 film, menjual lebih dari 45,2 juta tiket, dan mendapatkan pangsa pasar 24,4 persen sejak Januari hingga Oktober 2019.

Berdasarkan Dewan Perfilman Korea, 10 besar box office lokal hingga Oktober 2019 memang dikuasai dua perusahaan besar tersebut.

CJ ENM berada di puncak dengan Extreme Job, Parasite, dan EXIT. Sementara itu, Walt Disney menguasai empat posisi dengan Avengers: Endgame, Aladdin, Captain Marvel, dan The Lion King.

[Gambas:Video CNN]
Lotte Cultureworks yang sebelumnya berkuasa di puncak box office lokal lewat Along with the Gods harus turun ke peringkat tiga dengan pangsa pasar 8,1 persen meski telah mendistribusikan lebih dari 20 film sepanjang 2019.

Salah satu film Lotte yang berhasil tembus 3 juta penonton adalah Kim Ji-young, Born 1982. Selebihnya, tiket film-film seperti MAL·MO·E: The Secret Mission, Tazza: One Eyed Jack, dan The Divine Fury terjual lebih dari 2 juta.

Posisi lainnya diisi distributor seperti Warner Bros yang mendapatkan pangsa pasar 6,4 persen. Menyusul kemudian Showbox dengan 6,2 persen dan NEW dengan 5,6 persen. (chri/has)

Let's block ads! (Why?)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini
Powered by Blogger.