Search

Tjahjo Minta Pimpinan Instansi Izinkan Cuti PNS Kena Banjir

Tjahjo Minta Pimpinan Instansi Izinkan Cuti PNS Kena Banjir

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat mengajukan cuti apabila terdampak banjir.

Ia menjelaskan salah satu alasan pengajuan cuti yang diperbolehkan adalah karena alasan penting. Salah satunya, bisa disebabkan karena bencana alam.

"Cuti karena alasan penting, antara lain bisa disebabkan (karena) terdampak bencana alam," kata Tjahjo saat dikonfirmasi, Kamis (2/1).


Ia pun mengategorikan banjir yang terjadi di wilayah Jakarta sebagai bencana alam. Oleh sebab itu, Ia meimbau agar pimpinan instansi dapat memberikan cuti kepada PNS yang terdampak bencana itu.

"Dengan demikian, banjir Jakarta dapat dikategorikan bencana alam," jelas dia.

Ia pun menjelaskan, lamanya cuti yang disetujui akan ditentukan oleh pimpinan masing-masing instansi. Dalam hal ini, pengambilan cuti yang terdampak bencana alam disebutkan paling lama selama satu bulan.

"Tetap tabah dan sehat waalfiat walau keluarga dan lingkungan kita sedang prihatin terkena musibah bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya awal tahun 2020," ungkap Tjahjo.

Sebelumnya, Posko banjir Jakarta mencatat jumlah pengungsi banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta mencapai angka 31.232 orang hingga Rabu, (1/1) malam.

Pengungsi itu tersebar di Jakarta Pusat sebanyak 310 orang untuk dua lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak yakni Bendungan Hilir, Petamburan dan Karet Tengsin.

Jakarta Utara sebanyak 1.515 orang untuk 23 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak antara lain Rorotan, Semper Barat, Semper Timur, Sukapura, Kelapa Gading Timur dan Pegangsaan Dua.

[Gambas:Video CNN]
Jakarta Barat sebanyak 10.686 orang tersebar di 97 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak diantaranya Jelambar, Tomang, Wijaya Kusuma, Srengseng, Semanan, Kalideres, Tegal Alur, Pegadungan, Kota Bambu Selatan, Kedoya Utara dan Sukabumi Selatan.

Jakarta Timur sebanyak 13.516 orang tersebar di 99 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak Kebon Manggis, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Besar Selatan, Klender, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cawang, Balekembang, Dukuh dan Cipinang Melayu.

Jakarta Selatan sebanyak 5.305 orang tersebar di 48 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak diantaranya Kelurahan Gunung, Petongan, Pengadengan, Cilandak Timur, Pejaten Timur dan Manggarai Selatan.

Para pengungsi umumnya membutuhkan makanan, air bersih, selimut dan karpet. (mjo/ain)

Let's block ads! (Why?)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini
Powered by Blogger.