Search

Kementerin BUMN Cek Status Komisaris Eks Dirut Garuda di GMF

Kementerin BUMN Cek Status Komisaris Eks Dirut Garuda di GMF

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengecek status eks Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Ari Askhara di PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan pemerintah belum bisa memastikan apakah pemecatan Ari dari Garuda Indonesia otomatis membuat jabatannya ikut hangus di GMF Aero Asia.

Pasalnya, Ari juga menjabat sebagai Komisaris Utama GMF Aero Asia.


"Kami belum tahu, nanti kami dalami lagi. Belum tahu laporan dari komisaris (Garuda Indonesia)," ucap Arya, Rabu (11/12). Ia belum mengetahui secara pasti apakah perubahan jajaran komisaris di GMF Aero Asia setelah pemecatan Ari di Garuda Indonesia perlu melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) atau tidak. Hal tersebut, kata dia, masih akan dicek terlebih dahulu.

"Saya belum tahu bagaimana dari komisaris Garuda Indonesia. Saya cek," jelasnya.

Diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir telah memecat Ari karena diduga menjadi pemilik komponen motor Harley Davidson yang diselundupkan melalui armada Airbus A330-900 NEO pada 17 November 2019. Keputusan itu diambil setelah berkonsultasi dengan Komite Audit.

Setelah itu, Dewan Komisaris Garuda Indonesia memberhentikan empat direksi lainnya yang diduga terlibat dalam penyelundupan motor Harley Davidson.

Empat direksi yang juga dicopot adalah Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

Dengan pemberhentian sejumlah direksi, dewan komisaris menunjuk Fuad Rizal yang sebelumnya hanya menjadi direktur keuangan, menjadi pelaksana tugas (Plt) direktur utama Garuda Indonesia.

Selain itu, Fuad juga diberi tugas sebagai direktur operasi dan Plt direktur teknik dan layanan. Dewan Komisaris juga menunjuk Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah menjadi Plt Direktur Human Capital dan Plt direktur kargo dan pengembangan usaha.

Kemudian, Fuad dan Pikri menunjuk dan menetapkan pelaksana tugas harian agar jabatan tak tumpang tindih. Rinciannya, mereka menunjuk Tumpal Manumpak Hutapea sebagai pejabat Direktur Operasi, Mukhtaris sebagai pejabat Direktur Teknik dan Layanan, Joseph Dajoe K Tendean sebagai pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, serta Aryaperwira Adileksana sebagai pejabat Direktur Human Capital.

Hingga saat ini, CNNIndonesia telah mencoba menghubungi pihak Ari Askhara. Namun, belum mendapatkan tanggapan. 

[Gambas:Video CNN] (aud/age)

Let's block ads! (Why?)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini
Powered by Blogger.